Thursday 27 October 2016

Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

1. Pencegahan Kanker
Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.
Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker (Informasi Manfaat, 2014).

2. Mengatur Tidur dan Suasana hati
Folat ditemukan dalam bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik (Informasi Manfaat, 2014).

3. Baik Untuk Jantung
Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung (Informasi Manfaat, 2014).

4. Mengontrol Kadar Kolesterol
Bawang merah merupakan jenis obat herbal yang dapat mengonrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (LDL) . bawang merah juga mengandung sulfida methylallyl serta asam amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). (Sitkes, 2014).

5. Mengontrol Kadar Diabetes dalam Tubuh
Senyawa yang terkandung dalam bawang merah merupakan salah satu bahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anda diantaranya dapat mengontrol kadar diabetes dalam tubuh (Sitkes, 2014).

6. Sebagai Bahan Aromatik
Bawang merah merupakan pengganti dari amoniak yang memiliki aroma bau yang menusuk ke dalam hidung dan merangsang darah, fungsi pernapasan, dan juga fungsi saraf. Maka hal yang seperti ini dapat membantu dalam pertolongan pertama pada seseorang yang tidak sadarkan diri (Sitkes, 2014).

7. Menyembuhkan Sembelit
Di dalam pencernaan mungkin saja  ada racun atau bahan makanan dengan partikel keras yang terjebak di dalamnya, bawang merah bisa mengatasi hal seperti ini. Anda bisa mengonsumsi bawang merah jika anda merasa sakit sembelit (Harian Sehat, 2014).

8. Mengatasi Serangan Serangga
Sengatan serangga biasanya menyebakan rasa sakit atau gatal, ternyata bawang merah juga bisa mengatasi hal-hal tersebut seperti bekas gigitan nyamuk, sengatan tawon, lebah dan serangga lainnya selain itu dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari sengatan tersebut (Harian Sehat, 2014).

9. Menjaga Kekebalan Tubuh
Dengan menggunakan madu dengan jus dari bawang merah sekitar satu sendok teh kemudian dikonsumsi dengan teratur bisa mengatasi berbagai penyakit seperti pilek, sakit tenggorokan, influenza, bahkan bronkhitis. Selain itu juga dapat mencairkan dahak pada tenggorokan anda (Harian Sehat, 2014).

10. Kesehatan Rambut
Selain untuk tubuh, bawang merah juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mengatasi masalah pada kepala anda seperti ketombe. Caranya bisa menggunaka jus bawang merah yang digunakan setiap hari secara teratur dalam waktu tertentu sehingga rambut anda dapat tumbuh dengan sehat dan juga dapat mengatasi ketombe pada kepala anda (Harian Sehat, 2014).

11. Memperlambat Pikun
Bawang merah dapat membantu mengefektifkan kinerja otak dan bermanfaat bagi penderita alzheimer (Harian Sehat, 2014).

14. Mengobati Jerawat 
Bawang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang berkhasiat dalam mengatasi masalah jerawat anda. Dengan menggunakan bawang merah anda dapat menghentikan timbulnya peradangan pada bagian jerawat anda, selain itu dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan dapat menyembuhkan bekas jerawat pada kulit anda (Harian Sehat, 2014).

0 comment:

cursor

Sky Design Pointer

Search

Visitor

Time & Date

Label

Followers

Twitter

My Blog List

Powered by Blogger.

Popular Posts