Sunday, 20 May 2012

Renungan IBU

Posting ini saya kutip dari salah satu video yang ada di youtube :
Suatu ketika seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia
Menjelang diturunkan dia bertanya kepada Tuhan
“para malaikat di sini mengatakan bahwa besok engkau akan mengirimku ke dunia. Tetapi bagaimana cara saya hidup di sana. Saya begitu kecil dan lemah” . kata sang bayi
Tuhan menjawab
“aku telah memilih satu malaikan untukmu. Dia akan menjaga dan mengasihimu”
“tapi di surga, apa yang saya lakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa. Ini cukup bagi saya untuk bahagia.” Demikian kata si bayi
Tuhanpun menjawab
“malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari, dan kamu akan rasakan kehangatan cintanya , dan kamu akan menjadi lebih bahagia.”
Si bayi bertanya kembali
“dan apa yang dapat saya lakukan saat saya ingin berbicara kepada-Mu?”
Sekali lagi tuhan menjawab
“malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara kamu berdo’a”
Si bayi masih belum puas. Ia pun bertanya kembali
“saya mendengar bahwa di bumi banyak orang jahat. Siapa yang akan melindungi saya?”
Dengan penuh kesabaran, Tuhan pun menjawab
“malaikatmu akan melindungimu, dengan taruhan jiwanya sekalipun.”
Si bayi tetap belum puas, dan kembali melanjutkan pertanyaannya
“tapi saya akan bersedih karena tidak melihat Engkau lagi.”
Dan Tuhan pun menjawab
“malaikatmu akan menceritakan kepadamu tentang aku. Dan akan mengajarkan bagaimana kamu bisa kembali kepada-Ku, walaupun sesungguhnya aku selalu berada di sisimu.”
Saat itu surga begitu tenangnya. Sehingga suara dari bumi dapat terdengar dan sang anak dengan suara lirih bertanya.
“Tuhan, jika saya harus pergi sekarang, bisakah engkau memberitahu siapa nama malaikat di rumahku nanti?”
Tuhanpun menjawab
“kamu dapat memanggil malaikatmu............................. IBU”
Kenanglah Ibu yang menyayangimu
Untuk Ibu yang selalu meneteskan air matanya ketika kau pergi
Ingatkah engkau ketika Ibumu rela tidur tanpa selimut demi melihatmu tidur nyenyak dengan dua selimut membalut tubuhmu
Ingatkah engkau ketika jemari Ibu mengusap lembut kepalamu?
.... dan ingatkah engkau ketika air mata menetes dari mata Ibumu ketika ia melihatmu terbaring sakit?
Sesekali jenguklah Ibumu yang selalu menantikan kepulanganmu di rumah tempat kau dilahirkan
Kembalilah memohon maaf pada Ibumu yang selalu rindu akan senyumanmu
Jangan biarkan engkau kehilangan saat-saat yang akan kau rindukan di masa akan datang, ketika Ibumu telah tiada
Tak ada lagi yang berdiri di depan pintu menyambut kita
Tak ada lagi senyuman indah ... tanda bahagia
Yang ada hanyalah kamar kosong yang tiada penghuninya
Yang ada hanyalah baju yang digantung di lemari kamarnya
Tak ada lagi dan tak akan ada lagi yang meneteskan air mata mendo’akanmu disetiap hembusan nafasnya
Kembalilah segera dan peluklah Ibu yang selalu menyayangimu
Ciumlah kaki Ibu yang selalu merindukanmu dan berikanlah yang terbaik di akhir hayatnya
Kenanglah semua cinta dan kasih sayangnya
Saturday, 19 May 2012

Reaksi Redoks Pengolahan Limbah (lumpur aktif)


Kemajuan industri tekstil, pulp, kertas, bahan kimia, obat-obatan, dan industri pangan di samping membawa dampak positif juga berdampak negatif. Dampak negatif yang ditimbulkan antara lain menghasilkan air limbah yang membahayakan lingkungan, karena mengandung bahan-bahan kimia dan mikroorganisme yang merugikan. Cara mengatasi air limbah industri adalah dengan melakukan pengolahan air limbah tersebut sebelum dibuang ke lingkungan. Salah satu penerapan konsep redoks adalah pengolahan air kotor atau limbah dengan metode lumpur aktif.
Metode lumpur aktif memanfaatkan mikroorganisme (terdiri ± 95% bakteri dan sisanya protozoa, rotifer, dan jamur) sebagai katalis untuk menguraikan material yang terkandung di dalam air limbah. Proses lumpur aktif merupakan proses aerasi (membutuhkan oksigen). Pada proses ini mikroba tumbuh dalam flok (lumpur) yang terdispersi sehingga terjadi proses degradasi. Proses ini berlangsung dalam reactor yang dilengkapi recycle/umpan balik lumpur dan cairannya. Lumpur secara aktif mereduksi substrat yang terkandung di dalam air limbah.
Tahapan-tahapan pengolahan air limbah dengan metode lumpur aktif secara garis besar adalah sebagai berikut:
1. Tahap awal
Pada tahap ini dilakukan pemisahan benda-benda asing seperti kayu, bangkai binatang, pasir, dan kerikil. Sisa-sisa partikel digiling agar tidak merusak alat dalam sistem dan limbah dicampur agar laju aliran dan konsentrasi partikel konsisten.
2. Tahap primer
Tahap ini disebut juga tahap pengendapan. Partikel-partikel berukuran suspensi dan partikel-partikel ringan dipisahkan, partikel-partikel berukuran koloid digumpalkan dengan penambahan elektrolit seperti FeCl3, FeCl2, Al2(SO4)3, dan CaO.
3. Tahap sekunder
Tahap sekunder meliputi 2 tahap yaitu tahap aerasi (metode lumpur aktif) dan pengendapan. Pada tahap aerasi oksigen ditambahkan ke dalam air limbah yang sudah dicampur lumpur aktif untuk pertumbuhan dan berkembang biak mikroorganisme dalam lumpur. Dengan agitasi yang baik, mikroorganisme dapat melakukan kontak dengan materi organik dan anorganik kemudian diuraikan menjadi senyawa yang mudah menguap seperti H2S dan NH3 sehingga mengurangi bau air limbah. Tahap selanjutnya dilakukan pengendapan. Lumpur aktif akan mengendap kemudian dimasukkan ke tangki aerasi, sisanya dibuang. Lumpur yang mengendap inilah yang disebut lumpur bulki.
4. Tahap tersier
Tahap ini disebut tahap pilihan. Tahap ini biasanya untuk memisahkan kandungan zat-zat yang tidak ramah lingkungan seperti senyawa nitrat, fosfat, materi organik yang sukar terurai, dan padatan anorganik. Contoh-contoh perlakuan pada tahap ini sebagai berikut:
a. Nitrifikasi/denitrifikasi
Nitrifikasi adalah pengubahan amonia (NH3 dalam air atau NH4+) menjadi nitrat (NO3-) dengan bantuan bakteri aerobik. Reaksi:
2 NH4+(aq) + 3 O2(g) -> 2 NO2-(aq) + 2 H2O(l) + 4 H+(aq)
2 NO2- (aq) +O2(g)à2 NO3- (aq)
Denitrifikasi adalah reduksi nitrat menjadi gas nitrogen bebas seperti N2, NO, dan NO2.
Senyawa NO3 à gas nitrogen bebas
b. Pemisahan fosfor
Fosfor dapat dipisahkan dengan cara koagulasi/ penggumpalan dengan garam Al dan Ca, kemudian disaring.
Al2(SO4)3+14H2O(s) + 2 PO43-(aq)à2 AIPO4(s) + 3 SO42-(aq) + 14 H2O(l)
5 Ca(OH)2(s) + 3 HPO42-(aq)à Ca5OH(PO4)3(s) + 6 OH-(aq) + 3 H2O(l)
c. Adsorbsi oleh karbon aktif untuk menyerap zat pencemar, pewarna, dan bau tak sedap.
d. Penyaringan mikro untuk memisahkan partikel kecil seperti bakteri dan virus.
e. Rawa buatan untuk mengurai materi organik dan anorganik yang masih tersisa dalam air limbah.
5. Disinfektan
Disinfektan ditambahkan pada tahap ini untuk menghilangkan mikroorganisme seperti virus dan materi organic penyebab bau dan warna. Air yang keluar dari tahap ini dapat digunakan untuk irigasi atau keperluan industri, contoh: Cl2. Reaksi: Cl2(g) + H2O(l)àHClO(aq) + H+(aq) + Cl-(aq)
6. Pengolahan padatan lumpur
Padatan lumpur dari pengolahan ini dapat diuraikan bakteri aerobik atau anaerobik menghasilkan gas CH4 untuk bahan bakar dan biosolid untuk pupuk.
Akan tetapi dalam pelaksanaannya metode lumpur aktif  menemui kendala-kendala seperti:
1. Diperlukan areal instalasi pengolahan limbah yang luas, karena prosesnya berlangsung lama.
2. Menimbulkan limbah baru yakni lumpur bulki akibat pertumbuhan mikroba berfilamen yang berlebihan.
3. Proses operasinya rumit karena membutuhkan pengawasan yang cukup ketat.
Berdasarkan berbagai penelitian, kelemahan metode lumpur aktif tersebut dapat diatasi dengan cara:
Menambahkan biosida, yaitu H2O2 atau klorin ke dalam unit aerasi. Penambahan 15 mg/g dapat menghilangkan sifat bulki lumpur hingga dihasilkan air limbah olahan cukup baik. Klorin dapat menurunkan aktivitas mikroba yang berpotensi dalam proses lumpur aktif. Metode ini hasil penelitian Sri Purwati, dkk. dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Selulosa, Bandung.



post ini saya kutip dari :
http://rizqidiaz.blogspot.com/2012/02/penerapan-konsep-reaksi-redoks-dalam.html



Puisi Buatan Kami :)

Hai, beberapa minggu yang lalu, kelas kami ditugaskan untuk membuat video motivasi ibu. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok. masing - masing kelompok terdiri dari lima sampai enam orang. Nah, anggota kelompokku ada Agung, Dita , Egi , Ocha dan tentunya aku :) . Kebetulan, aku mendapat tugas membuat kurang lebih seperti puisi bersama Dita. Nah , sperti inilah puisi buatan aku dan Dita :


You're my Everything
 
Begitu besar rasa kasih yang kau berikan padaku
Begitu indah rasa sayang yang kau tujukan padaku
tak akan pernah ku lupa walau terhapus waktu
cinta kasihmu selembut sutra yang menyertai hari-hariku bersamamu
kau ajarkan aku dengan penuh kasih dan kesabaran,hingga aku seperti sekarang ini

Saat aku menangis,
kau orang pertama yang mengusap,membendung air mataku
Saat aku terjatuh,
kau orang tergiat yang memberikanku semangat untuk bangkit
Saat aku sakit,
kau orang tercepat yang memberiku kehangatan dalam pelukmu

Kaulah pelita hidupku
kaulah bidadari hatiku
kaulah mentari hariku
dan kaulah segala-galanya.

Ibu..
hanya tiga huruf tapi sangat berarti dan selalu melekat dihati
Ibu..
kau selalu ada disetiap rinduku
kau selalu hadir disetiap mimpiku
Ibu..
setiap belaianmu seakan masuk ke dalam relung hatiku
Ibu..
setiap hembusan nafasmu seakan memberiku kekuatan untuk tetap tegar dan kuat
Ibu..
tak banyak kata yang dapat terucap untukmu
hanya doaku yang selalu menyertaimu
dan sayangku padamu samapai hembusan nafas terhenti

Tuhan ..
tolong jaga Ibuku
kasihi ia, seperti ia mengasihiku disetiap waktu
berikan balasan atas jasa yang telah ia berikan padaku
ku hanya bisa menitipkan doa kepadamu untuknya

Terimakasih Tuhan
atas rahmatmu yang telah berikanku seorang Ibu yang begitu berarti.



Nah, itulah puisi buatan kami. And, what do you think? :)
Monday, 30 April 2012

Sepucuk Surat dari Ibu dan Ayah

Beberapa hari yang lalu saya sempat membaca sebuah tautan di facebook. Isinya tentang hubungan sang orang tua dan anak. Saya tertarik dengan isinya, sehingga saya coppy ke blog saya ini .

 



..Anak ku.
Ketika aku semakin tua, aku berharap kamu memahami dan memiliki kesabaran untukku.
Suatu ketika aku memecahkan piring atau menumpahkan sup di atas meja karena penglihatanku berkurang,
Aku harap kamu tidak memarahiku.

Orang tua itu sensitif
...selalu merasa bersalah saat kamu berteriak.

Ketika pendengaranku semakin memburuk dan aku tidak bisa mendengar apa yang kamu katakan,
aku harap kamu tidak memanggilku "Tuli!". Mohon ulangi apa yang kamu katakan atau menuliskannya.

Maaf, Anakku....
Aku semakin tua. Ketika lutut ku mulai lemah aku harap kamu memiliki kesabaran untuk membantu ku bangunan. Seperti bagaimana aku selalu membantu kamu saat kamu masih kecil untuk belajar berjalan.
Aku mohon, jangan bosan dengan ku ketika aku terus mengulangi apa yang ku katakan seperti kaset rusak. Aku harap kamu terus mendengarkan aku. Tolong jangan mengejekku atau bosan mendengarkanku. Apakah kamu ingat ketika kamu masih kecil dan kamu ingin sebuah balon?
Kamu mengulangi apa yang kamu mau berulang-ulang sampai kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan..

Maafkan juga bau ku.
Tercium seperti orang yang sudah tua. Aku mohon jangan memaksaku untuk mandi. Tubuhku lemah. Orang tua mudah sakit karena mereka rentan terhadap dingin. Aku harap, aku tidak terlihat kotor bagimu.
Apakah kamu ingat, ketika kamu masih kecil? Aku selalu mengejar-ngejar kamu karena kamu tidak ingin mandi.
Aku harap kamu bisa bersabar dengan ku ketika aku selalu rewel. Ini semua bagian dari menjadi tua, kamu akan mengerti ketika kamu tua.
Dan jika kamu memiliki waktu luang, aku harap kita bisa berbicara bahkan untuk beberapa menit. Aku selalu sendiri sepanjang waktu dan tidak memiliki seseorang pun untuk di ajak bicara. Aku tahu kamu sibuk dengan pekerjaan. Bahkan jika kamu tidak tertarik pada cerita ku, aku mohon berikan aku waktu untuk bersamamu.
Apakah kamu ingat, ketika kamu masih kecil? aku selalu mendengarkan apapun yang kamu ceritakan tentang mainanmu.

Ketika saatnya tiba dan aku hanya bisa terbaring, sakit dan sakit. Aku harap kamu memiliki kesabaran untuk merawatku.
MAAF kalau aku sengaja mengompol atau membuat berantakan .Aku harap kamu memiliki kesabaran untuk merawatku selama beberapa saat terakhir dalam hidupku. Aku mungkin tidak akan bertahan lebih lama.
Ketika waktu kematian ku datang, aku harap kamu memegang tangan ku dan memberikan ku kekuatan untuk menghadapi kematian. Dan jangan khawatir ketika aku bertemu dengan Sang Pencipta, aku akan berbisik pada-Nya untuk selalu memberikan BERKAH padamu. Karena kamu mencintai, Ibu dan Ayahmu...

Terima kasih atas segala perhatianmu, nak.. Kami mencintaimu dengan kasih yang berlimpah.


-IBU DAN AYAH-
Sunday, 1 April 2012

Kunjungan Pak Mus


Beberapa hari yang lalu SMA AL MUSLIM kedatangan seorang pemilik yayasan al muslim yang pernah menjabat sebagai menteri kehutanan. Ya, Beliau adalah Ir.Dr Muslimin Nasution . Beliau ingin mengunjungi kami dan bersilaturrahmi dengan kami. Walau pun tak lama karena beliau adalah orang yang sibuk, namun kata-kata yang beliau sampaikan benar-benar menarik.
Tak lupa pula beliau memberikan motivasi untuk kakak-kakak yang akan menghadapi ujian nasional. Sesi tanya jawab turut menghiasi ruang aula kami.
Namun kata-kata beliau yang paling saya ingat adalah

" jika kita tidak berhasil/ gagal dalam melakukan sesuatu, itu bukanlah akhir dari segalanya, karena dibalik kegagalan yang kita alami, kita akan menemukan jalan terbaik yang telah Allah sediakan untuk kita. "

dan
"tidak ada kata 'TIDAK BISA' selagi kita mau berusaha melaksanaknnya. Pasti ada jalan untuk mencapainya"

Dahsyat, sedikit kata namun banyak makna yang bisa kita ambil. Sebetulnya banyak kata-kata beliau yang saya ingat dan saya sukai. Namun yang paling-paling sering kita lupakan adalah kedua kalimat di atas.
Wednesday, 14 March 2012

XC !!!!!

Anggota XC 2011-2012


Seneng deh, punya keluarga xc yang super lengkap . Punya anggota.......

Se polos adilah
se narsis afi
se ~agung
se sabar poci
se kocak ahmad
se diem posta
se pinter desi
se lembut dina
se manis dita
se gajelas egi
se murah senyum rian
se misterius habib
se konyol hamzah
se romantis Hanan (sama afi)
se gakpeduli ihza
se rame ipeh
se galak aufa
se playboy  fahcrul
se keibuan nabilah
se sokpolos trian
se semangat ocha
se lucu rani
se jayus reyza
se kuat sabila
se perhatian salma
se tinggi sarah
se ceria mai
se kanak-kanak widya
se jujur wita
se santai ira
se cabi shita
Monday, 5 March 2012

My Top Three Intelligences

 
Intelligence
Score (5.0 is highest)
Description

LOGIC

4.29
Logic/math:You enjoy exploring how things are related, and you like to understand how things work. You like mathematical concepts, puzzles and manipulative games. You are good at critical thinking. Here are ways to work with this intelligence in your lessons:
1.                  Arrange cartoons and other pictures in a logical sequence.
2.                  Sort, categorize, and characterize word lists.
3.                  While reading a story, stop before you've finished and predict what will happen next.
4.                  Explore the origins of words.
5.                  Play games that require critical thinking. For example, pick the one word that doesn't fit: chair, table, paper clip, sofa. Explain why it doesn't fit.
6.                  Work with scrambled sentences. Talk about what happens when the order is changed.
7.                  After finishing a story, mind map some of the main ideas and details.
8.                  Write the directions for completing a simple job like starting a car or tying a shoe.
9.                  Make outlines of what you are going to write or of the material you've already read.
10.              Look for patterns in words. What's the relationship between heal, health, and healthier?
11.              Look at advertisements critically. What are they using to get you to buy their product?





NATURE
4.29
Nature: You are sensitive to nature and environment. You probably know the names of rocks, flowers, birds, and trees. You love to be outdoors. Here are some ways to use your nature intelligence in your learning:
1.                  Work in the garden.
2.                  Read about plants and/or animals.
1.                  Study habits of fish or birds.
2.                  Read nature magazines.
3.                  Go hiking. Take photographs of what you find on your hike. Write a story describing the photographs.




SELF
4.14
Self: You have a very good sense of self. You like to spend time by yourself and think things over. You will often take in information from another person, mull it over by yourself, and come back to that person later to discuss it. You like working on projects on your own. You often prefer to learn by trial and error. Effective techniques to enhance your learning include keeping a journal and giving yourself time to reflect on new ideas and information. More ideas:
4.                  Go on "guided imagery" tours.
5.                  Set aside time to reflect on new ideas and information.
6.                  Encourage journal writing.
7.                  Work on the computer.
8.                  Practice breathing for relaxation.
9.                  Use brainstorming methods before reading.
10.              Listen to and read "how to" tapes and books.
11.              Read cookbooks.




















cursor

Sky Design Pointer

Search

Visitor

Time & Date

Label

Followers

Twitter

My Blog List

Powered by Blogger.

Popular Posts